Cari Blog Ini

Jumat, 27 April 2012

Membangun Cinta dalam Keluarga





“Cinta itu bukan seperti batu, yang tiba-tiba teronggok disuatu tempat, tapi seperti roti, yang harus dibuat dan dibuat lagi, setiap waktu diperbarui.”
Jadi cinta itu tidak dapat datang tiba-tiba, tapi we create love, cinta itu dibuat, cinta itu saling memberi bukan meminta, dengan tujuan agar menjalin kemesraan sampai tua.
Untuk menumbuhkan cinta diperlukan pilar-pilar dalam suati hubungan Pernikahan, yaitu :
1. Komunikasi : Jalin komunikasi positif dan terbuka ( contoh iklan teh sariwangi )
2. Kepuasan : ekonomi, psikologis, seksual, dan Sosial
3. Menutup peluang yang aneh-aneh : bentengi diri dari hal2 yg akan merusak keharmonisan rumah tangga.
4. Komitmen keagamaan : taat dan mengamalkan ajaran agama untuk ketenangan hidup.
Dengan membangun pilar2 tersebut dharapkan akan menuju ke keluarga sakinah. Untuk menuju keluarga sakinah dengan 2 perbedaan pribadi maka perlu membangun relasi yang saling melengkapi dan pasangan mampu meregulasi diri masing-masing. Oleh karena itu perlu adanya konsep Rekening Bank Emosi untuk membangun kedekatan.
prinsip kerja Rekening Bank Emosi Jangan didiamkan saja karena akan berkurang jadi jgn sampe kita menarik atau mengurangi karena akan menjadi berkurang. Andai ditambah klo sudah berkurang tidak akan kembali semula. Contohnya : Kita menyakiti hati pasangan kita maka akan mengurangi Rekening Bank Emosi. Jika Rekening Bank Emosi selalu bertambah maka akan menambah kedekatan dan keharmonisan. Untuk itu perlu ada penghargaan, apresiasi terhadap pasangan, memberi dukungan dsb, agar Rekening Bank emosi selalu bertambah, dan keluarga sakinah dapat terwujud. Wallahu’alam

BY: M Misbahul Munir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar